james clerk maxwell ~ STUPIDNYA
loading...

james clerk maxwell


Selamat malam sobat!

“Semua tenaga pikiran,semua kekuatan hasrat.
Mungkin saja tertinggal dalam debu ketika kita mati,
Tetapi cinta adalah milik kita, dan akan tetap milik kita.
Sekalipun tanah dan laut sudah tiba.”

Itulah syair yang diberikan seorang Ilmuan Fisika kepada istrinya. James Clerk Maxwell siapakah yang tidak tahu beliau, dia adalah seorang fisikawan yang berasal dari Skotlandia yang pertama kali menulis hukum magnetisme dan kelistrikan dalam rumus matematis. Dia lahir di Edinburgh, 13 Juni 1831 dan meninggal di Cambridge, pada tanggal 15 November 1879 pada umur 48 tahun.
Sumber: id.Wikipedia.org
Biodata

Lahir : 13 Juni 1831 Edinburgh, Scotlandia dan meninggal di Cambridge, 15 November 1879 pada umur ke 48.
Kebangsaan : Scottish
Warga Negara :  United Kingdom

Biografi

James Clerk Maxwell adalah Fisikawan Skontlandia yang pertama kali menulis hukum magnetisme dan kelistrikan dalam rumus matematis. Pada tahun 1864, ia membuktikan bahwa gelombong elektromagnetik ialah gabungan dari osilasi medan listril dan magnetik.


Maxwell mendapati bahwa cahaya ialah salah satu bentuk radiasi elektromagnetik. Ia juga membuka pemahaman tentang gerak gas, dengan menunjukan bahwa laju molekul-molekul di dalam gas bergantung kepada suhunya masing-masing.


Fisikawan Inggris kesohor James Clerk Maxwell ini terkenal melalui formulasi empat pernyataan yang menjelaskan hukum dasar listrik dan magnet. Kedua bidang ini sebelum Maxwell sudah diselidiki lama sekali dan sudah sama diketahui ada kaitan antar keduanya. 


Namun, walaupun berbagai hukum listrik dan kemagnetan sedah ditemukan dan mengandung kebenaran dalam beberapa segi, sebelum Maxwell, tak ada satu pun dari hukum-hukum ini merupakan satu teori terpadu. Dalam dia punya empat perangkat hukum yang dirumuskan secara ringkas (tetapi punya bobot tinggi), Maxwell berhasil menjabarkan secara tepat perilaku dan saling hubungan antara medan listrik dan magnet.


Dengan begitu dia mengubah sejumlah besar fenomena menjadi saru teori tunggal yang dijadikan pegangan. Pendapat Maxwell telah menjadi anutan pada abad sebelumnya secara luas baik di sektor teori maupun dalam praktik ilmu pengetahuan.


Nilai penting dari, pendapat Maxwell yang baru itu adalah: banyak persamaan umum yang bisa terjadi dalam semua keadaan. Semua hukum-hukum listrik dan magnet yang sudah ada sebelumnya dapat dianggap berasal dari pendapat Maxwell, begitu pula sejumlah besar hukum lainnya, yang dulunya merupakan teori yang tidak terkenal. 


Dari pendapat Maxwell ini dapat diperlihatkan betapa pergoyangan bolak balik bidang elektromagnetik secara periodik adalah sesuatu hal yang bisa terjadi. Gerak bolak-balik seperti pendulum ini disebut gelombang elektromagnetik, yang bilaman sekali digerakan akan menyebar terus hingga angkasa luar. 


Dari pendapat-pendapat ini mampu menunjukan bahwa kecepatan gelombang elektromagnetik itu mencapai sekitar 300.000 kilometer (186.000 mil) per detik. Maxwell mengetahui bahwa ini sama dengan ukuran kecepatan cahaya. Dari sudut ini dia dengan tepat mengambil kesimpulan bahwa cahaya itu sendiri terdiri dari gelombang elektromagnetik.


Jadi, pendapat Maxwell bukan semata merupakan hukum dasar dari kelistrikan dan kemagnetan, tetapi juga sekaligus merupakan hukum dasar optik. Sesungguhnya, semua hukum terdahulu yang dikenal sebagai hukum optik dapat dikaitkan dengan pendapatnya, juga banyak fakta dan hubungan dengan hal-hal yang dulunya tidak terungkapkan.


Cahaya yang tampak oleh mata bukan semata jenis yang memungkinkan radiasi elektromagnetik. Pendapat Maxwell menunjuka bahwa gelombang elektromagnetik lain, berbeda dengan cahaya yang tampak oleh mata dalam dia punya panjang gelombang dan frekuensi, bisa saja ada. Kesimpulan teoretis ini secara mengagumkan di perkuat oleh Mainrich Hertz, yang sanggup menghasilkan dan menemui kedua gelombang yang tampak oleh mata yang diramalkan oleh Maxwell itu. 


Beberapa tahun kemudian Guglielmo Marconi memperagakan bahwa gelombang yang tak terlihat mata itu dapat digunakan buat komunikasi tanpa kawat sehingga menjelmalah apa yang namnya radio itu. Kini, kita gunakan juga buat televisi, sinar X, sinar gamma, sinar infra, sinar ultraviolet adalah contoh-contoh dari radiasi elektromagnetik. Semua bisa di pelajari  lewat hasil pemikiran Maxwell.

"Maaf bila ada kekurangannya"
Sumber:Wikipedia

Share:

6 komentar:

  1. bahas nikolas tesla gan...he

    BalasHapus
  2. iya tapi da ga ngerti:v

    BalasHapus
  3. bacaan pagi nambah wawasan, nice artikel gan mungkin nanti bisa bahas stephen hawkins ya

    BalasHapus
  4. Bahas tokoh-tokoh penting dunia yang lainnya, dong. Pasti keren.

    BalasHapus

Tutorial

Logo ABP

Logo ABP

ads

PropellerAds
loading...