Michael Faraday si Bapak listrik ~ STUPIDNYA
loading...

Michael Faraday si Bapak listrik


Michael Faraday

Listrik adalah salah satu penemuan di dunia yang sangat mempengaruhi peradaban manusia. Kita bisa melihat perbadaan zaman sebelum terciptanya listrik dan sesudah terciptanya listrik. Listrik juga adalah kebutuhan yang sangat diperlukan oleh manusia khususnya pada zaman modern ini.


Tetapi hanya sebagian orang yang memakainya dan tidak tahu siapakah penemunya dan bagaimana asal mula terciptanya. Dan hanya sebagian orang yang mengenal beliau yaitu Machel Farday.


Beliau adalah penemu listrik. Bukan hanya listrik yang dia temukan, tetapi, masih banyak lagi temuan-temuannya yang bermanfaat bagi dunia di antaranya: Hukum Induksi Faraday, elektrokimia, efek faraday, konstan faraday, dan lain-lain. Dan beliau juga dikenal sebagai “bapak listrik”.


Biografi

Nama : Michael Faraday
Lahir : London, Inggris, 22 September 1791
Wafat : Molesey, Inggris, 25 Agustus 1867
Orang Tua : James Faraday (ayah), Margaret Hastwell (ibu)
Istri : Sarah Barnard
Dikenal : Penemu Listrik dan Dinamo

Biografi

Michael Faraday ( Lahir di Newington Butts, Inggris, 22 September 1971 – meninggal di Pengadilan Hampton, Middlesex, Inggris, 25 Agustus 1867 pada umur 75 tahun) ia adalah ilmuwan inggris yang mendapat julukan “Bapak Listrik”, karena berkat usahanya listrik menjadi teknologi yang banyak gunanya.


Ia mempelajari berbagai ilmu pengetahuan, termasuk elektromagnetisme dan elektrokimia. Dia juga menemukan alat yang nantinya menjadi pembakar Bunsen, yang digunakan hampir di seluruh laboratium sains sebagai sumber panas yang praktis.


Efek magnetisme menuntunya menemukan ide-ide yang menjadi dasar teori medan magnet. Ia banyak memberi ceramah untuk memopulerkan ilmu pengetahuan pada masyarakat umum. Pendekatan rasionalnya dalam mengembangkan teori dan menganalisis hasilnya amat mengagumkan.


Masa Kecil
Dalam biografi Michael Faraday diketahui bahwa ia terlahir dari keluarga yang pas-pasan bisa dikatakan tidak bercukupan. Hal ini membuat ia dan saudara-saudaranya hanya mampu mengenyam sedikit pendidikan formal saja.


Tatkala umurnya menginjak dua puluh tahun, dia mengunjungi ceramah-ceramah yang diberikan oleh ilmuwan Inggris kenamaan Sir Humphry Davy. Faraday terfesona dan ternganga-nganga.


Ditulisnya surat kepala Davy dan pendek ceritera untung baik diterima sebagai asistenya. Hanya dalam tempo beberapa tahun, Faraday sudah bisa membikin penemu-penemu baru atas hasil kreasinya sendiri. Meski dia tidak punya latar belakang yang memadai di bidang matematika, selaku ahli ilmu alam dia tak terlawankan.



Sumber:

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Michael_Faraday
  • https://www.biografiku.com/biografi-michael-faraday/
  • http://bio.or.id/biografi-michael-faraday-penemu-listrik/
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tutorial

Logo ABP

Logo ABP

ads

PropellerAds
loading...