Carolus Linnaeus ~ STUPIDNYA
loading...

Carolus Linnaeus


Assalamualaikum..

Carolus lennaeus atau Carl von Linne adalah seorang ilmuan swedia yang meletakan dasar tatanama biologi. Beliau terkenal sebagai “Bapak taksonomi modern” dan juga merupakan salah satu bapal ekologi modern. Beliau lahir di Amlhulf, 23 Mei 1707 dan Wafat di uppsala, 10 Januari 1778 pada umur 70 tahun).


Linnaeus ialah ahli botani yang paling dihormati pada asanya, dan ia juga terkenal dengan kemampuan bahasanya. Selain mmenjadi ahli botani, Linnaeus juga ahli dalam zoologi dan seorang dokter.

Biografi
Carolus Linnaeus lahir di Paroki Stenbrohult ( sekarang termasuk wilayah administrasi Almhult), dibagian selatan swedia. Beliau mempunyai ayah yang bernama Nils Ingemarsson Linnaeus dan ibunya bernama Christina Brodersonia.

Sejak kecil Linnaeus dilatih menjadi seorang anggota gereja yang setia, sebagaimana ayahnya dan kakeknya (dari ibu) namun ia kurang bersemangat mengikuti kegiatan tersebut.

Dalam masa-masa ini Linnaeus mempunyai keyakinan bahwa dalam benang sari dan putik bunga terkandung dasar-dasar klasifikasi tumbuhan, maka menulis sebuah makalah singkat pada suatu mata kuliah yang berhasil membuatnya menjadi pembantu profesor.

Tahun 1732 Badan Akademik Ilmu Pengetahuan Alam di Uppsala membiayai ekspedisinya untuk meneliti Laplandi. Hasilnya adalah tulisan berjudul Flora Laponica yang di cetak tahun 1737.

Pada tahun 1735 Linnaeus pindah ke Belanda. Di sana ia mendapat gelar dokter dari Universitas Harderwijk. Gelar ini ialah satu-satunya gelar akademik yang berhasil didapat Linnaeus, dan ia memperolehnya hanya dalam waktu enam hari, termasuk tiga hari mencetak catatan-catatan botaninya dalam bahasa Latiin.

Penanamaan dan Klasifikasi

Pada tahun 1735 pula, Carolus Linnaeus menemukan sebuah sistem penamaan organisme/ makhluk hidup, sistem ini dikenal dengan nama Binominal Nomenclature.

Setiap nama organisme terdiri dari dua nama dalam bahasa latiin, karena bahasa latiin atau yunani merupakan bahasa yang banyak digunakan disekolah-sekolah atau lembaga-lembaga akademik pada saat itu. Nama yang pertama disebut sebagai Genus dan nama yang kedua adalah nama spesies dari orhanisme tersebut dan tidak ditulus dengan huruf kapital. Genus dan spesies ditulis dengan memberikan garis bawah atau dengan huruf miring.

Sebagai contoh, Staphyloccus aureus adalah bakteri yang sudah umum dikenal. Staphylococcus adalah Genus dari bakteri tersebut dan aureus adalah nama spesies nya. Dalam Kasus ini, Genus menggambarkan keadaan nyata atau keadaan yang tampak dari sel tersebut. Staphylo artinya susunannya bergerombolan kecil seperti buah anggur dan coccus menandakan bahwa bentuk selnya bulat.

Dengan kata lain, Staphylococcus berarti segerombolan sel yang berbentuk seperti bola/ bulatan-bulatan. Aureus adalah bahasa latin untuk emas, ini berartu Staphylococcus aureus adalah segerombolan sel yang berbentuk seperti bola/ bulatan-bulatan dan memiliki corak emas.

Akhir Hayat

Pada akhir hidupnya, Linnaeus sering menderita sakit, seperti encok dan sakit gigi. Ia terkena serangan Stroke dua kali, yaitu pada tahun 1774 dan 1776, hingga kehilangan fungsi bagian tubuhnya bagian kanan.

Linnaeus meninggal dunia pada 10 Januari 1778 di Uppsala pada suatu upacara di Katedral Uppsala dan kemudian ia dimakamkan di katedral tersebut.

Sumber:Wikipedia.org

Wassalamualaikum..

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tutorial

Logo ABP

Logo ABP

ads

PropellerAds
loading...