Biografi singakat Abu Uthaman Amr Ibnu Bahr Al-Kinani Al-Duqaimi Al-Basri( Al-Jahiz ) ~ STUPIDNYA
loading...

Biografi singakat Abu Uthaman Amr Ibnu Bahr Al-Kinani Al-Duqaimi Al-Basri( Al-Jahiz )


Assalamualikum...

Charles Darwin bukanlah pionir dalam, dunia biologi. Jauh sebelu Darwin, di masa Yunani kuno,  sudah ada nama-nama seperti Aristoteles yang menjelaskan tentang kesadaran bangsa Yunani mengenai keteraturan alam, ataupun di masa kerajaab Romawi terdapat Pliny yang menulis buku setebal 37 volume berjudul Historia Naturalis, dimana di dalamnya terdapat fakta dan mitos mengenai makhluk halus, binatang, alam, dan lain sebagainya.

Abu Uthman Amr Ibnu Bahr al-Kinani Al-Fuqaimi Al-Basri, Itulah namanya beliau dikenal sebagai Al-Jahiz atau yang berarti besar, karena matanya yang besar. Beliau adalah cendekiawan Afrika-Arab yang berasal dari Afrika Timur, beliau merupakan sastrawan Arab dan memilolo karya-karya dalam bidang literatur Arab, zoologo, biologi, psikologi, sejarah, filsafat, Teologi(ajaran) Mu’taziliyah, dan polemik polemik politik religi.

https://indocropcircles.wordpress.com

Beliau lahir di Basrah, irak pada 781 ketika kekhalifahan Abbasiyah berkuasa di Baghdad. Ia berasal dari keluarga sederhana sehingga dia harus ikut berjualan ikan bersama ibunya di Kanal Basra. Keterbatasan tak memutuskan semangat Al-Jahiz, kemiskinan itu tak membuat keluarga Al-Jahiz Merupakan Begitu saja, sang ibu berperan penting mendorong putranya untuk terus belajar.

Sebagai muslim, dia gemar melewatkan waktu di Masjid Besar Basra. Di sana, dia belajar dari para ulama, membahas beragam pertanyaan dan tak jarang berdebat. Ia melanjutkan belajar hingga usia 25 tahun, dan berguru kepada sederet ilmuwan. Otaknya yang brilian membuatnya mampu menguasai ilmu pengetahuan.

Sehingga memperoleh banyak ilmu pengetahuan tentang ilmu sastra Arab terutama puisi, filologi Arab, sejarah bangsa Arab dan bangsa Persia sebelum islam.

Selain itu ia mempelajari ilmu Al-qur’an dan Hadits. Selain itu al-Jahiz juga membaca buku-buku yang diterjemahkan dari bangsa Yunani seperti filsafat Yunani khususnya Aristoteles.

Buku-buku, perpustakaan mudah ditemukan di wilayah kekhalifahan yang memudahkan para pelajar mempelajari berbagai ilmu pengetahuan.

Sepanjang kariernya sebagai penulis piawai, lebih dari 200 naskah buku telah ia hasilkan, tapi sayang nya hanya 30 yang tersisa.

Geniuscom. para penemu dibidang biologi



Kitab Al Hayawan

Karya Al-Jahiz yang paling berpengaruh adalah kitab Al-Hayaman (Kitab Hewan-hewanan). Kitab itu ibarat sebuah ensiklopedia, memuat sekitar 350 spesies hewan yang terbagi dalam tujuh volume , serta dilengkapi dengan gambar-gambar dan penjelasan yang detail.

Al-Hayawan memuat tiga hal penting dalam evolusi yang juga dituliskan oleh Charles Darwin dalam Thye Origin of Species. Menurut Al –Jahiz, hewan-hewan berjuang untuk tetap bertahan hidup, bertansformasi menjadi spesies, dan mengatasi faktor-faktor lingkungan.

Kitab Al-Hayawan yang berpengaruh menjadi acuan bagi para pakar hewan dan pemikir evolusi di Eropa. Migual Asian Palacios, seorang ilmuwab dan pendeta Katolik, mengatakan, karya Al-Jahiz sangat berarti bagi perkembangan sains, terutama zoologi.

Menjelang akhir hidupnya, Al-Jahiz menderita kelumpuhan total pada satu sisi tubuhnya(hemiplegia). Ia memutuskan pensiun dan kembali ke tempat kelahirannya, Basra. Pada bulan Desember 868 saat usianya 93 tahun, ia meninggal dunia.

Diduga, ia meninggal dunia karena cedera akibat tertindih rak bukunya. Tapi versi lain mengatakan bahwa ia menderita sakit dan meninggal pada bulan muharram

Wassalamualaikum...

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tutorial

Logo ABP

Logo ABP

ads

PropellerAds
loading...