Biografi Antoine Lavoisier ~ STUPIDNYA
loading...

Biografi Antoine Lavoisier


Assalamualaikum..

Antoine-Laurent de Lavoisier adalah seorang kimiawan yang berasal dari Paris pada abad ke -18. Antoine laurent terkenal karena penemuan peran oksigen dalam pembakaran. Beliau juga adalah orang yang bertanggung jawab  memberikan nama oksigen. Lavoisier lahir di Paris, 26 Agustus 1743-meninggal di Parus, 8 Mei 1794 pada umur ke 50 tahun.



 Ayahnya adalah seorang pengacara di Paris. Beliau belajar di sekolah tinggi Des Quarte Bangsa (college Mazari) pada usia 11 .Dan beliau dinggap sebagai “ Bapak Kimia Modern”.

Beliau terlahir sebagai bangsawan di Paris, Karena bapak nya adalah seorang pengacara terkenal di Paris. Dalam dua tahun terakhir fi perguruan tinggi ia belajar kimia, botani, astronomi, dan matematika. Dalam kelas filsafat, ia berada di bawah asuhan Abbe Nicolas Louis de Lacaille, seorang matematikawan dan astronom. Lavoisier memasuki sekolah hukum, di mana ia menerima gelar sarjana pada tahun 1763 dan pemegang diploma di 1764.
Meski dia dapat gelar sarjana hukum dan diangkat dalam lingkungan ahli hukum, namun tak sekali pun dia pernah mempraktikan ilmunya.
Lavoisier sudah menyusun skema pertama yang tersusun tapi tentang sistem kimiawi. Dalam sistem Lavoisier komposisi kimia dilukiskan dengan namanya.

Untuk pertama kalinya penerimaan suatu sistem kimia yang beragam dijabarkan sehingga memungkinkan para ahli kimia di seluruh dunia dapat saling berhubungan satu sama lain dalam hal penemian-penemuan mereka.
Lavoisier merupakan orang pertama yang dengan gamblang mengemukakan prinsip-prinsip penyimpangan jumlah reaksi benda kimia tanpa bentuk tertentu: yakni reaksi dapat mengatur kembali elemen yang benar dalam substansi semula tetapi tak ada hal yang terhancurkan dan pada akhir hasil berada dalam berat yang sama seperti komponen asal.


Keyakinan Lavoisier tentang pentingnya kecermatan menimbang bahwa kimiawi melibatkan reaksi yang mengubah ilmu kimia menjadi ilmu eksakta dan sekaligus menyiapkan jalan bagi banyak kemajuan-kemajuan di bidang kimia pada masa-masa sesudahnya.

Lavoisier juga memberi sumbangan dalam bidang penyelidikan geologi, dan menyumbangkan pula dalam bobot yang menyakinkan di bidang fisiologi. Dengan percobaan yang teramat hati-hati (bekerja sama dengan Pierre-Simon Laplace), dia mampu menunjukkan bahwa proses fisiologi mengenai keringatan atau bersimbah peluh adalah pada dasarnya sama dengan proses pembakaran lambat.

Dengan kata lain, manusia dan bangsa binatang menimba energi mereka dari proses pembakaran organik yang perlahan dari dalam, dengan penggunaan oksigen dalam udara yang dihimpunnya. Penemuan ini saja yang mungkin arti pentingnya  setara dengan penemuan Wiliam Harvey tentang peredaran darah sudah cukup mendudukkan Lavoisier dalam daftar urutan buku ini. 

Tambahan pula, Lavoisier punya makba amat penting berkat formulasinya tentang teori kimia sebagai titik tolak tak tergoyahkan bagi sektor pengetahuan kimia pada jalur yang tepat. Dia umumnya dianggap sebagai”Pendiri ilmu kimia modern”, dan memang dua patut mendapatkan julukan itu.”Daftar Periodik Unsur” modern yang berdasarnya merupakan perluasan dari daftar Lavoisier

Sumber:Id.wikipedia.org
Wassalamualikum..

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tutorial

Logo ABP

Logo ABP

ads

PropellerAds
loading...