Ibnu Al-Baithar ~ STUPIDNYA
loading...

Ibnu Al-Baithar


Assalamaulaikum...

Abu Muhammad Abdullah Bin Ahmad Ad-Din Bin Al-Baithar Al-Malaki atau yang dikenal dengan sebutan Ibnu Al-Baithar. Beliau adalah ilmuan islam pada masa lampau. Beliau lahir di Malaga Tahun 589 H atau 1193 , dan beliau meninggal di Damaskus pada tahun 646 H atau 1248 M pada usia 55 tahun.
http://www.zulfanafdhilla.com
Minatnya pada tumbuh-tumbuhan sudah tertanam sejak kecil. Pertama kali, dia menuntut ilmu di Sevilla, Spanyol. Dia pada saat itu, mengumpulkan tumbuhan di sekitar kota tersebut bersama beberapa orang gurunya, Abu Al-Abbas An-Nabati, Abdullah Bin Shalih, dan Abu Al-Hajjaj.

Sekitar tahun 617 H/1221 M, dia melintasi Afrika Utara, menuju Asia Kecil, dan Suriah. Di sanalah dia belajar banyak ilmu tetumbuhan dan pengenalannya kepada tabib-tabib setempat yang terkenal.

Ketika tinggal beberapa hari di Suriah, Al-baitar berkesempatan mengadakan penelitian tumbuhan di area yang sangat luas, termasuk Saudi Arabia dan Palestina, dimana dia sanggup mengumpulkan tanaman dari sejumlah lokasi di sana.

Sumbangan yang pertama oleh Ibnu Baitar adalah kitab yang berjudul Al-jami’li. Kitab ini sangat populer dan kitab ini paling terkemuka mengenai tumbuhan dan berkaitan dengan ilmu pengobatan Arab.

Karya yang keduanya adalah kitab yang berjudul Al- Mughni fi al-Mufradah esiklopedia obat obatan.

Kupulan karya-karya dari Ibnu-Baithar

Ibnu Baithar meninggalkan karya yang penting, yang dianggap terpuji dan bermakna:
1. Al-Jami’li Mufradat al-Adwiyyah wa al-Aghziyyah( kompendium obat-obatan dan makanan bergizi).
2. Al-Mughni fi al-Adwiyyah al-Mufradah(kompendium obat obatan yang berguna).
3. Tafsir Kitab Diyasquridis(tafsir kitab dioskorides)
4. Mizan ath-Thabib
5. Maqalah fi al-Laymun(catatan tentang lemon)
Wassalamualaikum wr wb

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tutorial

Logo ABP

Logo ABP

ads

PropellerAds
loading...