Biografi Ar-razi ~ STUPIDNYA
loading...

Biografi Ar-razi

Assalamaualaikum...

Setelah kita membaca biografi Ibnu Sirna saya juga menulis tentang salah satu tokoh ternama dalam bidang kesehatan

Siapakah dia?

Beliau adalah Ar-razi, Ar-razi adalah seorang dokter dan guru besar dalam ilmu kedokteran di Eropa. Beliau mengembangkan penelitian tentang penyakit pada wanita dan kebidanan.

http://liputanislam.com
Biografi Ar-razi
Ar-razi memiliki nama lengkap Abu Bakar Muhammad bin Zakaria Ar-razi. Ia lahir pada tahun 854 Masehi, beliau wafat pada tahun 313H/ 925 M. Ia lahir di Ray, Taheran pada tahun 251/865.

Ar-razi sangat dikenal di dunia barat dengan nama Rhazes. Beliau merupakan seorang pakar sains iran yang hidup di antara tahun 864-930. Dalam bidang kedokteran, ia berguru kepada Hunayn bin Ishaq di Baghdad. sekembalinya ke Tahera, ia dipercaya untuk memimpin sebuah rumah sakit di Ray. Selanjutnya ia juga memimpin Rumah Sakit Muqtadan di Baghalad.


Beliau hidup di era pertenghan, Gagasan penting nya yaitu:
  1. Menemukan Alkohol
  2. menciptakan asam sulfur
  3. Membuat catatan tentang penyakit cacar
  4. Memelopori bedah safar dan bedah mata

KaryanyaFihrist, menyebutkan 113 karya utama al-Razi dan 28 karya kecilnya disamping dua puisinya. Sebagian besar telah hilang, tapi yang tinggal sudah cukup memadai bagi kita untuk menilai ilmu pengetahuannya. Dari banyak monografnya, yang paling terkenal di Eropa adalah risalahnya tentang cacar air dan campak, yang pertama kali diterbitkan dalam aslinya bahasa Arab dengan terjemahan Latin oleh Channing (London 1766). Terjemahan latin juga muncul di Venice di 1565, dan dalam versi bahasa Inggris oleh Greenhill diterbitkan oleh Sydenham Society tahun 1848. Risalah ini dulunya dikenal dengan de peste atau de pestilentia dan seperti dikatakan Neuburger, “…Dalam sejarah epidemiologi sebagai monograf terawal tentang cacar air, dan menunjukkan kepada kita Rhazes sebagai seorang tabib yang tertanggung jawab dan jujur, hampir bebas dari prasangka dogmatis, mengikuti jejak langkah Hippokrates.”
Sebuah monograf lain dari Razi adalah tentang batu di kantong empedu dan ginjal telah diterbitkan dalam aslinya, dengan terjemahan Prancis (Leyden, 1896) oleh Dr. P. de Koning, yang juga menerbitkan naskah dan terjemahan posi anatomi dari Kitab al-Hawi (Continens), bersama dengan Kitab al-Malikim (Liber Regius) karya Ali Ibn ual-Abbas dan Qanun karya Avicenna.
Risalah lain al-Razi, tentang dokter palsu dan dukun diterjemahkan ke dalam bahasa Jerman oleh Steinschneider. Monograf lain yang tidak diterbitkan oleh Razi muncul di berbagai perpustakaan umum di Eropa dan di Timur. Sebuah MS (Add. 3516) baru-baru ini didapatkan dengan membeli di Cambridge University Library berisi risalat tentang encok dan rematik dan tentang colic yang disebutkan oleh Al-Qifti.
Tentang karya umum dalam ilmu kedokteran, lepas dari monografnya yang banyak, Razi menulis sekitar setengah lusin, yaitu Jami’ (Compendium), Kafi (Sufficient) yang kecil dan yang besar adalah Madkhal (Pengantar) dan Muluki (Royal), dikompilasikan untuk ‘Ali ibn Veh Suddhan penguasa Tabaristan, Fakhir (Splendid), dan terakhir adalah Mansuri (Liber Almansoris), yang terjemahan Latinnya diterbitkan pada tahun 1489, dan al-Hawi(Continens), yang terjemahan Latinnya diterbitkan pada tahun 1486 di Brescia dan lagi di Venice pada tahun AD 1542. Terjemahan ini sangat jarang, dan satu-satunya salinan di Cambridge berada di Library of King’s College.
Biografi ini penulis mengambilnya dari berbagai sumber jadi mohon maaf jika ada kesalahan atau pun kalimat yang sama. Terima Kasih
wassalamualaikum...



Share:

5 komentar:

  1. waduh jadi tau ilmuan yang menemukan alkohol nih hmm mantap djiwa...

    BalasHapus
  2. Bagus artikelnya Gan dan sangat bermanfaat Gan. Banyak org islam lahir sebagai penemu di berbagai bidang ilmu. Namun kadang selalu dikaburkan seolah2 org baratlah yg pertama menemukan salah satu bidang ilmu. Makasih Gan

    BalasHapus
  3. iya bener gan! maka dari itu,, kita jangan sampai kalah sama orang orang barat

    BalasHapus

Tutorial

Logo ABP

Logo ABP

ads

PropellerAds
loading...